Mata Air itu Jernih dan Bersih > Kultur itu Kearifan dan Kebijaksanaan > Spiritual itu Damai dan Hening >


Tentang Muara Wangi

ad+1

Muara Wangi.



Muara Wangi merupakan simbol sungai di kampung si Ujang jaman dahulu. Sungai itu dulu sangat jernih, bersih, seperti layaknya air yang mengalir dari pegunungan. Batu di dalam sungai nampak terlihat, begitupun ikan-ikan yang mendiaminya, lalu lalang terlihat mata. Bahkan konon menurut mitos orang tua yang mandi disitu bisa menimbulkan wewangian ke tubuh.

Tapi itu mitos, yg pasti bagi si Ujang nilai wangi yang terkandung tersebut maksudnya ketika kita bisa menjaga lingkungan, maka muara sungai yang dipakai mandi biar wangi dan kebutuhan dasar masyarakat sekitar, akan terus membawa kebersihan, kejernihan & kewangian sepanjang hidup di lingkungan sekitar.

Waktupun terus berlalu, Muara Wangi yang dulu begitu harum namanya lambat laun telah hilang harumnya, karena muara yang dulu bersih dan jernih tersebut, kini berubah menjadi muara yang kotor, muara yang penuh sampah, muara yang sudah tidak wangi lagi, muara yang sudah kehilangan identitasnya oleh ulah kita sendiri yang tidak bisa menjaga lingkungan dengan baik.

Sebagai generasi penerus, sekarang hanya bisa mengambil nilai dari apa makna Muara Wangi tersebut. Sebuah nilai yang sangat mahal, untuk kita ceritakan ke generasi selanjutnya, bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Begitulah pembuka perkenalan dengan sabab musabab Muara Wangi ini, semoga saling mengisi dan saling mempelajari .

Selamat menyelami


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com